Selasa, 12 April 2011

Variabel Penelitian

Pengertian

Perhatian utama penelitian pendidikan terletak pada pembahasan dan analisis terhadap hasil-hasil pengukuran. Pembahasan hasil penelitian ini akan menjadi lebih efektif apabila peneliti memiliki kriteria yang tepat terhadap hasil. Kriteria ini berupa batasan operasional tentang hasil. Batasan operasional ini adalah suatu bukti tentang variabel-variabel yang diteliti dan akan diterima oleh peneliti.

Variabel atau faktor penelitian memiliki peranan sangat penting dalam suatu penelitian pendidikan. Variabel adalah segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan dalam penelitian. Ada juga yang menganggap variabel sebagai gejala sesuatu yang bervariasi.

Variabel penelitian dibedakan menjadi:

1. Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables)

Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.

2. Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables).

Variabel terikat adalah faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.

Contoh:

Jika seorang peneliti ingin mengkaji hubungan antara dua variabel, misalnya variabel waktu untuk belajar (A) dan prestasi belajarnya (B), maka pertanyaan atau masalah yang diajukan , “Bagaimanakah prestasi belajar yang dicapai apabila waktu yang dipakai untuk belajar lebih banyak atau lebih sedikit?”

Banyak sedikitnya waktu belajar yang dipakai oleh pebelajar diidentifikasikan sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Variabel ini (waktu belajar) dimanipulasi atau diubah untuk menyebabkan terjadinya perubahan pada variabel lainnya (prestasi belajar).

3. Variabel Moderator

Variabel moderator adalah faktor-faktor atau aspek-aspek yang diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan apakah variabel tersebut mengubah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

Contoh:

Hipotesis : Kecermatan membaca siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki setelah mereka mendapat pembelajaran membaca cepat dan lambat.

Variabel bebas : pembelajaran membaca cepat dan lambat

Variabel moderator : siswa perempuan dan laki-laki

Variabel terikat : kecermatan

4. Variabel Kontrol

Variabel yang dinetralisasi yang diidentifikasi sebagai variabel kontrol atau kendali, atau variabel kontrol adalah variabel yang diusahakan untuk dinetralisasi oleh peneliti. Dalam penelitian di samping strategi pembelajaran dan tingkat kecerdasan, peneliti juga mempertimbangkan tingkat usia, misalnya kelompok umur tertentu, maka umur dalam penelitia ini dianggap sebagai variabel kendali.

5. Variabel intervening

Adalah yang tidak pernah diamati dan hanya disimpulkan berdasarkan pada variabel terikat dan bebas.

Contoh:

Hipotesis: Pada siswa yang memiliki minat yang meningkat terhadap tugas yang diberikan, unjuk kerja terhadap tugas yang diukur meningkat.

Variabel bebas : minat terhadap tugas

Variabel intervening : belajar

Variabel terikat : unjuk kerja tugas




13 komentar:

  1. UMI NIKMAH FISIKA 6B12 April 2011 pukul 14.02

    Perhatian utama penelitian pendidikan terletak pada pembahasan dan analisis terhadap hasil-hasil pengukuran. Pembahasan hasil penelitian ini akan menjadi lebih efektif apabila peneliti memiliki kriteria yang tepat terhadap hasil.
    Apa saja kriteria yang harus dimiliki itu?
    Tolong jelasin dengan contoh pak?
    Terima Kasih bwt Materinya Pak?..

    BalasHapus
  2. Askum bapa'.....
    setelah membaca materi bp'diatas,sya kurang fham pda kalimat yang menyatakan pembahasan hasil penelitian akan menjadi lebih efektif apabila memiliki kriyeria yang tepat terhadap hasil.Kriteria berupa batasan operasional tentang hasil.
    nah...yang sya tanyakan,kriteria yang yang dimaksud tu yang gmn?kemudian batasan operasional tentang hasil tersebut gmn pak???
    Tolong dijelasin ea pak???
    Thank'z bpk ataz materina....
    Wassalam...

    BalasHapus
  3. pembahasan hasil penelitian akan menjadi efektif apabila penelitian memiliki kriteria yang tepat terhadap hasil.kriteria ini berupa batasan oprasional tentang hasil.
    apa saja kriteria tersebut?...

    BalasHapus
  4. yang dimaksud disini kriteria dalam hal apa saja ya pak???
    mohon disebutkan dan dijelaskan kalau bisa mohon diberi contoh konkritnya pak...
    trimakasih...

    BalasHapus
  5. Pak Harto yang baik hati dan tidak sombong...saya kurang paham mengenai variabel kontrol dan intervening.....tolong besok dijelaskan ya pak...

    BalasHapus
  6. terima kasih materi nya pak... hehehehe ( ga kn telat lagi komentnya)
    terima kasih telah menjelaskan apa itu variabel dan contoh2nya,,, jd sedikit lebih mngerti...
    hemh.... ana sofiana kok blm nongol y? biasanya kn number one... hehhe

    BalasHapus
  7. Tq,,,, Bapak 4 MateriNa__
    saya sudah membacaNa lh0 Pak, he..he...
    Tp saya masih bingung jd beLum da perta'an dLu..

    BalasHapus
  8. Muhamad Nurul Huda Al Farizie 6 Bhi ^.^13 April 2011 pukul 18.21

    matur nuwun materinya Pak......
    tiap minggu update terus nih,,,, hehe
    walupun bapak belum bisa hadir dikelas tapi dengan adanya materi bisa lah jadi tombo kangen ma Bapak Hehehe... (habis bs liat fotonya sih,,,)
    masalah materi kayake aku masih bungung, soale pengertian ttg variabel masih sedikit2 jd mungkin bs diperjals lg PAk....! !

    BalasHapus
  9. muhammad alie muzakki13 April 2011 pukul 19.13

    pak harto, berdasarkan beberapa contoh penerapan variabel pada hipotesis diatas saya masih belum mampu menjabarkan kedalam judul skripsi berikut. contoh yang saya dapat:
    hubungan motivasi belajar dan peran serta penciptaan iklim belajar oleh guru terhadap prestasi siswa.

    BalasHapus
  10. malem pak.............
    dari kmaren banyak variabel yG diteraNgin...
    pemahamanQ cuman sepotong2.
    Q yG faham cuman variabel bebas n terikat...
    yG lain tw artine cuman g' tw penggunaanya dalam penelitian. letak variabel iru dmana....apakah setiap penelitian rus mengandung variabael2 itu...
    hehehe

    BalasHapus
  11. bintari ayu s (6a)19 April 2011 pukul 16.05

    siang bpk.....duh tmbah pusing pak,ntr dibaca lagi wiz..

    BalasHapus
  12. asslm pak... maaf boleh saya minta Bantuan pendapatnya. jika judul penelitian (Optimalisai Peran Guru PAI Dalam menanamkan Niali-nilai Religius Di ..........)
    1. Judul ini ada berapa Variabel?
    2. Apa Variabelnya?
    Tolong dijawab ya pak. terimaksih.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Pak, maaf sya mau tanya jika judul penelitian saya (pengaruh pengerapan presensi sidik jari terhadap motivasi kerja dan kinerja) analisis datanya pakai apa saja pak? saya binggung soalnya X terhadap Y1 dan Y2 (variabel Y nya yang dua)

    BalasHapus